seni teater kelas XI semester 4


SENI PERAN DALAM TEATER MODERN

A.   TOKOH DAN PENOKOHAN
Teater adalah seni pementasan yang dimainkan di atas pentas dan disaksikan oleh penonton.
Teater selalu bersinggungan dengan drama, sandiwara dan tonil.
Tonil berasal dari bahasa Belanda het toonel, yang berarti ‘sebuah bentuk teater tempat orang bermain dan berperan yang ditampilkan atau dipamerkan di depan publik’
Jenis teater :
1.       Teater Boneka
Teater boneka sudah ada sejak zaman India kuno, Mesir kuno dan Yunani kuno. Boneka sering digunakan untuk menceritakan legenda atau kisah kisah religious. Ada banyak jenis boneka yang dimainkan dengan cara yang berbeda,
Contoh :
a.       Boneka tangan : dimainkan dengan cara dipakai di tangan
b.      Boneka tongkat : dimainkan dengan digerakkan menggunakan tongkat sebagai pegangan pemain yang dipegang dari bawah
c.       Boneka tali atau marionette : dimainkan dengan cara menggerakkan kayu silang tempat tali boneka diikatkan

2.       Drama Musikal
Pertunjukan teater yang menggabungkan seni menyanyi, menari, dan acting, mengdepankan unsur music, nyanyian dan gerak daripada dialog para pemainnya.
Kabaret, operet, dan opera termasuk dalam drama musical.
Dalam opera, dialog para tokoh dinyanyikan dengan iringan music orchestra dan lagu yang dinyanyikan disebut seriosa.
Teater tradisional nusantara juga ada drama musical yang disebut Langendriyan (Surakarta) dan Langen Mandrawanara (Yogyakarta)

3.       Teater Gerak
Teater gerak adalah pertunjukan teater yang unsur utamanya gerak dan ekspresi wajah pemainnya.
Penggunaan dialog dibatasi atau bahkan dihilangkan seperti dalam pertunjukan pantomime klasik.
Teater gerak terkenal pada masa commedia del’arte di Italia.
Kekebesan ekspresi gerak inilah gagasan mementaskan pertunjukan berbasis gerak secara mandiri muncul.

4.       Teater Dramatik
Dramatic adalah istilah yang digunakan untuk menyebut pertunjukan teater yang berdasar pada dramatika lakon yang dipentaskan.
Teater dramatic sangat memperhatikan perubahan karakter secara psikologis
Teater dramatic memiliki alur plot yang ketat
Teater dramatic mencoba menyajikan cerita seperti halnya kejadian nyata.

5.       Teatrikalisasi Puisi
Teatrikalisasi Puisi adalah pertunjukan teater yang dibuat berdasarkan karya sastra puisi. Karya puisi diperankan di atas pentas dan meng depankan estetika puitis di atas pentas.
Pementasan teater menampilkan lakon (drama) atau cerita. Kemudian muncul istilah dramaturgi yang merupakan bagian penting dari seni teater. Dramaturgi berasal dari bahasa inggris dramaturgy yang berarti seni atau ‘teknik penulisan drama yang disajikan dalam bentuk teater’. Dramaturgi membahas proses penciptaan teater mulai dari penulisan naskah lakon hingga pementasannya..
Dalam proses penciptaan teater ada 4 unsur penting di dalamnya yaitu :
a.       Lakon atau cerita yang ditampilkan, dapat berwujud naskah, scenario tertulis atau scenario tidak tertulis/lisan (dalam teater kerakyatan).
b.      Pemain, yaitu orang yang membawakan lakon.
c.       Sutradara sebagai penata pementasan di panggung
d.      Penonton, yaitu sekelompok orang yang menyerahkan sebagian dari waktunya untuk menjadi bagian dari tokoh yang tampil dalam suatu lakon dan menikmatinya.

Sutradara atau pembuat film adalah orang yang bertugas mengarahkan sebuah film sesuai dengan manuskrip. Manuskrip scenario digunakan untuk mengontrol aspek aspek seni dan drama. Seorang sutradara juga berperan dalam membimbing kru teknisi dan para pemeran film dalam merealisasikan kreativitasnya.

              Dalam Lakon, akan dijumpai dua hal yang sangat penting yaitu peran dan konflik. Peristiwa atau kejadian yang dibuat oleh penulis dalam naskah teater mendasari terjadinya suatu lakon yang didalamnya terdapat dua hal tersebut.
Gagasan utama atau pesan lakon yang ingin disampaikan penulis naskah umumnya tersaji dalam rangkaian konflik.
Jalinan cerita menuju konflik dan cara penyelesaiannya yang menjadikan lakon menarik yang sekaligus menjadi isi lakon.
Konflik menjadikan lakon menarik bila individu individu yang memerankan tokoh dalam cerita tersebut mampu menerjemahkan dalam peran yang mereka bawakan. Bila para tokoh gagal melakonkannya dengan baik, konflik akan terlihat tidak menarik. Hidup dan matinya cerita, menarik atau monotonnya konflik, bergantung pada tokoh tokoh yang ada dalam lakon tersebut.
Tokoh adalah sang pelaku cerita
Tokoh adalah individu yang mengalami peristiwa atau pelaku cerita,
Penokohan adalah penciptaan karakter antartokoh.
Penokohan atau perwatakan dalam sebuah lakon memegang peranan yang sangat penting. Tanpa perwatakan, tidak akan ada cerita dari plot.

B.   KARAKTER
Karakter adalah jenis peran yang akan dimainkan. Karakter diciptakan oleh penulis lakon berdasarkan perkembangan tertentu.
Penulis lakon memiliki dunia sendiri,yaitu dunia fiktif sehingga ketika mencipta sebuah karakter ia bebas menentukan perkembangan karakter.
Karakter berbeda dengan penokohan. Penokohan adalah proses kerja untuk memainkan peran yang ada dalam naskah lakon.
1.       Jenis Karakter
a.      Flat Character
Flat character atau karakter datar adalah jenis karakter tokoh yang ditulis oleh penulis lakon secara datar dan biasanya bersifat hitam putih.
Flat character biasanya ada pada karakter tokoh yang tidak terlalu penting atau karakter tokoh pembantu tetapi diperlukan dalam sebuah lakon.

b.      Round Character
Round character adalah jenis karakter tokoh yang ditulis oleh penulis secara sempurna.
Round character adalah karakter tokoh dalam lakon yang mengalami perubahan dan perkembangan, baik secara kepribadian maupun status sosialnya.

c.       Teatrikal
Teatrikal adalah jenis karakter tokoh yang tidak wajar, unik, dan lebih bersifat simbolis. Karakter ini hanya symbol dari psikologi masyarakat, suasana dan keadaan zaman yang tidak bersifat manusiawi tetapi dilakukan oleh manusia.

d.      Karikatural
Karikatural adalah karakter tokoh yang tidak wajar, satiris, dan cenderung menyindir.
Karakter ini sengaja diciptakan oleh penulis lakon sebagai penyeimbang antara kesedihan dan kelucuan, serta antara ketegangan dan keriangan suasana. Sifat karikatural dapat berupa dialog dialog yang diucapkan oleh karakter tokoh, atau berupa tingkah laku, bahkan perpaduan antara ucapan dan tingkah laku.

2.       Dimensi Karakter
Karakter memiliki dimensi dimensi yang khas dalam penciptaannya. Ada tida dimensi yang menyertai karakter tokoh yaitu :

a.       Dimensi Fisiologis
Dimensi fisiologis adalah dimensi karakter berdasarkan ciri ciri badaniah seorang tokoh, serti usia, jenis kelamin, keadaan fisik dan ciri ciri muka.
Contoh : tokoh kakek, diberi karakter penyayang, bijaksana, kuno.
                Tokoh tampan, diberi karakter baik,perkasa dan pelindung.

b.      Dimensi Sosiologis
Dimensi sosiologis adalah dimensi karakter berdasarkan lata belakang social kemasyarakatan yang meliputi status social, pekerjaan, jabatan, pendidikan, pandangan hidup,ideology, agama, aktivitas social, organisasi, hobby, suku, ras, dan keturunan.
Contoh : tokoh kaya, diberi karakter sombong, semena mena atau kikir.

c.       Dimensi Psikologis
Dimensi psikologis adlah dimensi karakter berdasarkan latar belakang kejiwaan yang dimiliki oleh seorang tokoh, seperti tentang mentalitas, temperamen, kecerdasan intelektual, dan kecerdasan emosional.
Contoh : tokoh yang menderita, karakter nya pemurung, curiga atau pendendam.

Sebuah lakon tertulis merupakan suatu jenis karya sastra yang terdiri atas dialog antar pelakon dan lata belakang kejadian. Lakon tidak tertulis biasanya diambil dari cerita yang sudah umum diketahui dan hanya menjabarkan secara umum jalan cerita dan karkater karakter dalam cerita tersebut. Contoh karya lakon tertulis yang terkenal romeo and Juliet karya William Shakespeare.

C.   KONSEP DAN TEKNIK SENI PERAN
Posisi kunci dalam pementasan adalah pemain teater. Teater menggunakan media manusia sebagai alat utama pernyataan dirinya.
Para pemain teater meminjamkan tubuh dan suaranya kepada tokoh yang diperankannya sehingga tokoh itu hidup, bernapas, bergerak,dan berbicara untuk menyampaikan sepotong kehidupan artistic seperti yang dimaksud oleh penulis naskah.
Pemain teater juga merupakan sebuah seni, setiap karya seni memiliki tiga tuntutan yaitu bakat, studi dan praktik.
Bakat dapat dikembangkan dan diperhalus melalui studi, kerja keras penuh disiplin dan latihan yang dilakukan secara rutin tetapi bakat tidak dapat ditambah
Hakikat seni peran dalam teater adalah pemain teater harus mampu meyakinkan penonton. Untuk itu pemain teater harus mampu mengolah kemampuan ekspresi, intelektual, olah tubuh, suara dan sukma.
Richard Boleslavsky, pemain film dan sutradara teater memperkenalkan metode Stanislavsky dalam berakting, mengungkapkan beberapa metode latihan yang dapat dilakukan oleh pemain teater yaitu
1.       Melatih konsentrasi
Konsentrasi bertujuan agar actor dapat mengubah diri menjadi orang lain, yaitu menjadi peran yang dibawakan. Untuk dapat berkonsentrasi, pemain teater harus berlatih memusatkan perhatian. Latihan konsentrasi dapat dilaksanakan melalui latihan fisik seperti yoga, latihan intektual atau kebudayaan dengan menghayati music, puisi, atau seni lukis dan latihan sukma dengan melatih kepekaan dalam menanggapi segala macam situasi.

2.       Mendalami emosi
Mampu mendalami emosi adalah cara yang efektif untuk menghayati suasana emosi peran secara hidup, wajar dan nyata

3.       Berlaku teateris
Bertingkah laku dan berbicara bukan sebagai diri sendiri tetapi sebagai pemeran. Oleh sebab itu diperlukan penghayatan terhadap tokoh secara mendalam sehingga dapat diadakan adaptasi sesuai dengan lakon yang dibawakan.

4.       Membangun watak
Pembangunan watak didahului dengan menelaah struktur fisik lalu mengidentifikasikannya dan menghidupkan watak seperti halnya wataknya sendiri.

5.       Melakukan observasi
Untuk memerankan tokoh pengemis dengan baik perlu diadakan obeservasi terhadap pengemis dengan ciri fisik, psikis, dan social yang sesuai.

6.       Mengatur irama
Irama permainan untuk setiap pemain teater diwujudkan dalam panjang pendek, keras lemah, tinggi rendah dialog serta variasi gerakan, berhubungan dengan timing, penonjolan adegan, pemberian isi, progress dan pemberian variasi pentas.

Dalam metode Stanislavsky, para actor diajarkan untuk memanfaatkan “memori afektif” agar dapat secara wajar menggambarkan emosi seorang watak. Untuk melakukan hal itu, para actor dituntut memikirkan sebuah momen dalam hidup mereka sendiri ketika mereka merasakan emosi yang diinginkan, kemudian memainkan kembali emosi tersebut di dalam peran untuk mencapai penampilan yang lebih sungguh sungguh.


NASKAH LAKON SENI TEATER MODERN

Naskah adalah karangan yang berisi cerita atau lakon. Dalam naskah tersebut termuat nama nama dan lakon lakon dalam cerita, dialog yang diucapkan para tokoh dan keadaan (set) panggung yang diperlukan. Sebuah pementasan teater/drama pasti memiliki naskahnya sendiri dengan cerita dan tema yang berbeda beda pula. Tanpa adanya naskah drama, tidak akan mungkin sebuah pertunjukan teater atau drama dapat dimainkan.

A.   Pengertian Drama
Kata drama berasal dari kata Yunani Kuno yang berarti ‘bertindak atau berbuat’. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia disebutkan bahwa drama adalah ‘komposisi syair atau prosa, cerita atau kisah, terutama yang melibatkan konflik atau emosi yang menggambarkan kehidupan dan watak melalui tingkah laku (acting) atau dialog yang dipentaskan’.

Drama adalah salah satu jenis lakon yang berisi kisah kehidupan manusia yang memiliki konflik rumit dan penuh daya emosi yang sengaja disusun untuk pertunjukan teater.
Contoh lakon drama modern : “titik titik hitam” karya Nasjah Djamin, “Domba domba revolusi” karya B. Sularto, “Boneka Mainan”, “Tiang tiang Masyarakat”

B.   Ciri ciri Naskah Drama
Sebuah drama harus mengandung persoalan persoalan kehidupan yang akan menentukan bobot, nilai, dan makna dari cerita drama tersebut.                                   Berbagai persoalan tersebut kemudian diramu oleh penulis dalam bentuk percakapan percakapan yang nantinya akan diperankan oleh para aktor
Sebuah naskah drama umumnya hanya berupa dialog atau percakapan percakapan.
Percakapan dalam naskah drama disebut wawancang.
Jika ada bagian yang bukan percakapan, bagian itu disebut kramagung atau stage director.
Wawancang merupakan bagian terpenting dari naskah drama.
Dalam wawancang terkandung semua perasaan.
Selain memahami naskah, actor juga harus menciptakan intonasi yang tepat, mengucapkan diksi dan artikulasi secara jelas. Dengan demikian, emosi atau perasaan yang terkandung dalam cerita dapat tersampaikan dengan tepat.


C.   Elemen Drama
1.       Isi Drama
Drama merupakan sarana bagi pembuatnya untuk menyampaikan pesan moral atau pandangannya terhadap berbagai hal kepada penonton dan masyarakat.
Tema dijadikan ide sentral dalam sebuah naskah drama. Tema merupakan sasaran, pesan, atau pandangan yang ingin disampaikan oleh seorang penulis drama.
Tema dapat memiliki ide tunggal, tetapi bisa juga lebih dari satu ide.

2.       Bentuk Drama
a.       Penyajian Drama Berdasarkan Jenis Bahasa
Bentuk penyajian dialog dalam drama dapat dibedakan dari jenis bahasa yang digunakan yaitu, gaya atau susunan kalimat yang dipakai dalam penulisan dialog.

1. Bentuk lirik music
Dalam bentuk ini, gaya bahasanya mirip dengan gaya bahasa puisi. Bedanya, lirik diikat oleh bar, yaitu potongan birama dalam setiap baris atau dialognya berbentuk nyanyian. Pertunjukan yang menampilkan lirik sebagai dialog disebut OPERA atau pun OPERET. Di Jawa, sejak  jaman kerajaan pertunjukan ini di sebut Langendriyan (Mangkunegaran Surakarta) dan Langenmandra Wanara (Yogyakarta).
2. Bentuk dialek
Gaya bahasa yang dipakai dalam penyajian drama diambil atau menggunakan bahasa percakapan sehari hari yaitu logat daerah tertentu.
3. Bentuk puisi
Gaya bahasa yang digunakan dalam penyajian drama berupa susunan puisi, baik yang terikat maupun tidak terikat pada rima. Mayoritas naskah drama Indonesia yang ditulis kisaran tahun 1940-1950 menggunakan bahasa puisi dalam gaya percakapannya.

b.      Penyajian Drama Berdasarkan Jenis Aliran
Aliran dalam drama adalah gaya atau bentuk penyajian yang ditentukan oleh kecendrungan sikap atau pandangan yang tumbuh pada kurun waktu tertentu yang kemudian berkembang menjadi pola.

1.  Klasisme,
Aliran drama yang memiliki aturan sangat ketat dibandingkan dengan drama yang lain dengan lakon lima babak.
2.  Neoklasisme
Aliran drama yang memiliki bentuk dengan tiga segi yang mendasar, yakni kebenran, kesusilaan dan kegaiban. Hal ini menjadi pedoman dari para penganut neoklasik adalah segenap alam dikuasai oleh satu Tuhan.
3.  Romantisme
Aliran drama yang muncul sekitar abad ke 18. Bentuk drama yang lahir pada abad ini diwarnai oleh sikap dan pandangan bahwa manusia dapat menemukan berbagai berkat keampuhan analisis akalnya dan tindakan apapun bentuk nya dapat dituntun oleh sifat alamnya.
4.  Realisme
Aliran drama yang muncul sekitar abad 19. Bentuk drama yang tubuh pada abad ini sangat dipengaruhi oleh tata nilai yang dibangun berdasarkan pemikiran kaum positivism, terutama karena pengaruh buku Charles Darwin (The origin of the species)
5.  Simbolisme atau neoromantisisme dan impresionisme
Drama yang umumnya menampilkan tema tema terkait dengan kehidupan bersejarah seseorang atau beberapa tokoh.
Drama simbolisme dibuat untuk menampilkan persoalan persoalan yang dianggap samara tau misterius, tetapi mengandung kenyataan atau kebenaran yang mungkin dapat dipahami.
6.  Ekspresionisme
Aliran dari abad ke 20 yang menantang keampuhan realism.
7.  Epic teater
Bentuk drama dari sekitar perang dunia II yang dibenahi oleh Bertolt Brecht. Brecht menganggap teater telah terkulai dalam keadaan lelah sehingga perlu adanya tenaga yang sanggup mendenyutkannya lagi.
8.  Absurdisme
Aliran yang muncul sekitar tahun 1950 an. Aliran ini muncul karena adanya ketidakpuasan terhadap aliran aliran sebelumnya. Aliran ini bersifat tidak rasional, tidak pernah terjadi atau tidak bisa dipikirkan.
Ciri khas drama absurdisme biasanya menampilkan segala dialog yang melompat lompat dan tidak ada alur. Kalau pun ada, alur yang ada berputar putar tanpa ada pemecahan masalah secara tuntas.

c.       Penyajian Drama Berdasarkan Jenis Sajian
Sifat sifat dramatic sebuah naskah drama menjadi pedoman dalam mengklasifikasikan jenis sajian drama.

1.  Tragedi.
Menurut Aristoteles, lakon tragedy adalah lakon yang meniru sebuah aksi yang sempurna dari seorang tokoh besar atau tokoh tokoh yang memiliki pengaruh dalam masyarakat.
Tujun utama lakon tragedy adalah membuat penonton merasakan pengalaman emosi melalui pengidentifikasian diri para tokoh. Selain itu, lakon tragedy juga bertujuan untuk menguatkan kembali kepercayaan diri sendiri sebagai bagian dari manusia.
2.  Komedi
Menurut Aristoteles, lakon komedi merupakan tiruan dari tingkah laku manusia biasa, yang merupakan perwujudan keburukan manusia ketika menjalankan kehidupan sehingga menumbuhkan tertawaan dan cemoohan.
Lakon komedi adalah lakon yang mengungkapkan kelemahan sifat manusia dengan cara yang lucu. Dengan cara ini, para penonton diajak untuk dapat lebih menghayati kenyataan hidupnya.
3.  Drama
Lakon serius yang menggarap satu masalah yang mempunyai arti penting, yang memiliki segala rangkaian peristiwa yang tampak hidup, mengandung emosi, konflik, daya Tarik memikat, serta tidak diakhiri dengan kematian tokoh utamanya.
4.  Satir
Lakon satir adalah lakon yang mengemas perlakuan kejam, kelemahan seseorang untuk mengecam, mengejek bahkan menertawakan suatu keadaan dengan maksud membawa sebuah kebaikan.
Tujuan drama satir tidak hanya semata mata sebagai humor biasa, tetapi lebih sebagai sebuah kritik terhadap seseorang atau kelompok masyarakat dengan cara yang sangat cerdik.
Lakon satir hamper sama dengan komedi , tetapi ejekan dan sindiran dalam satir lebih  agresif dan terselubung.
5.  Melodrama 
Pada mulanya, melodrama merupakan bagian dari sebuah babak dalam opera yang menggambarkan suasana sedih atau romantic yang diiringi alunan music.
Melodrama adalah sebuah lakon yang isinya mengupas suka duka kehidupan dengan cara yang menimbulkan rasa haru kepada penonton.
Melodrama adalah lakon yang sangat sentimental, dengan tokoh dan cerita yang mendebarkan hati dan mengharukan perasaan penonton.

3.       Kerangka Drama
Fungsi dari kerangka dramatic ini adalah sebagai perangkat untuk dapat mengungkapkan pikiran pengarang dan melibatkan pikiran serta perasaan penonton ke dalam laku cerita. Aristoteles mengatakan kerangka dramatic merupakan makna lakon.
Kerangka dramatic mengandung enam elemen yakni, eksposisi, konflik, komplikasi, klimaks, resolusi dan simpulan.
Gustav Freytag. Freytag (1863) menggambarkan struktur dramtik yang bergerak mengikuti elemen atau bagian, yaitu exposition, rising action, climax, falling action dan denouement.
Struktur Freytag ini dikenal dengan sebutan Piramida Freytag atau freytag’s Pyramid.

Exposition adalah penggambaran awal dari sebuah lakon. Bagian ini berisi tentang perkenalan karakter dan masalah yang akan digulirkan. Penonton diberi informasi tentang masalah yang dialami atau konflik yang terjadi dalam karakter yang ada dalam naskah lakon.

Complication (rising action). Pada bagian ini, mulai timbul kerumitan atau komplikasi dari jalinan peristiwa yang terjadi. Di sini sudah mulai digambarkan perilaku karakter yang ingin mengatasi konflik.
  
Climax adalah puncak dari laku lakon dan mencapai titik kulminasinya. Pada titik ini, semua permasalahan akan terurai dan mendapatkan penjelasan melalui laku karakter dan dialog yang disampaikan oleh para pemeran. Pada tahap ini, penonton diharapkan akan mengalami katarsis atau proses pembersihan emosi dan pencerahan pada jiwa penonton.

Reversal (falling action) adalah penurunan emosi lakon. Penurunan ini tidak saja berlaku bagi emosi lakon, tetapi juga emosi penonton. Titik ini biasanya ditandai dengan semakin lambatnya emosi permainan dan volume suara pemeran lebih bersifat menenangkan. Selain menurunkan emosi lakon dan penonton, reversal juga berfungsi memberi waktu kepada penonton untuk merenungkan apa yang telah ditontonnya.

Denouement adalah penyelesaian dari lakon tersebut. Penyelesaiannya dapat berakhir dengan bahagia atau menderita.








RANCANGAN PEMENTASAN TEATER MODERN
A.      Tata Pentas Teater
1. Tata Panggung
Tata panggung disebut juga scenery atau set dekorasi
Scenery dalam arti luas adalah suasana seputar gerak laku di atas pentas serta segala elemen visual yang mengitari pemeran dalam pementasan.
Scenery dalam arti sempit adalah benda yang membentuk latar belakang secara fisik, yang memberi batas pada lingkungan gerak laku.
Set dekorasi atau tata panggung terbagi menjadi 5 yaitu :
a.  Natural background yaitu penggunaan latar belakang panggung dalam suatu pementasan dengan menggunakan backdrop dan cyclorama
b.  Decorative scenery yaitu perlengkapan panggung yang menggunakan peralatan imitasi atau tiruan dengan maksud memberikan suasana.
c.  Descriptive scenery yaitu perlengkapan panggung menggunakan benda aslinya untuk menghias panggung agar dapat mewakili suasana.
d.  Atmosphere scenery yaitu perlengkapan panggung yang menggunakan kombinasi antara descriptive dan decorative scenery yaitu sebagian menggunakan benda asli dan sebagian imitasi untuk hiasan panggung.
e. Active background yaitu latar belakang yang aktif (bergerak) sehingga dapat memopang suasana.


2. Property
a. Perlengkapan dekoratif (decorative property) yaitu perlengkapan suatu latar yang telah dipilih untuk membantu menghadirkan latar belakang tempat dan waktu yang terjadi dalam sebuah lakon teater. Contoh : gorden, hiasan dinding atau gambar gambar.
b. Perlengkapan lantai ( floor property) yaitu semua perlengkapan yang berdiri atau berhubungan langsung di atas lantai panggung. Contoh : kursi, meja, lemari, permadani.
c.  Perlengkapan tangan (hand property) yaitu segala sesuatu yang diambil, digunakan atau dipegang langsung oleh actor atau aktris dalam penampilannya di atas pentas. Contoh : tas, koper, payung, baki, gelas, dll
Perlengkapan tangan harus dibedakan dengan aksesoris yang merupakan bagian dari kostum. Topi, selendang, sapu tangan, dan hiasan tangan lainnya lebih merupakan bagian dari kostum, bukan bagian dari property sehingga menjadi tanggung jawab pendesain kostum.

3. Tata Busana
Tata busana atau kostum adalah segala sesuatu yang disandang oleh pemain. Tata busana sangat berpengaruh terhadap penonton.
Terdapat lima tipe kostum yang ada yaitu :
a. Kostum historis, yaitu kostum yang menampilkan sebuah periode periode spesifik dalam sejarah.
b. Kostum modern yaitu pakaian yang dipakai oleh masyarakat masa kini atau pakaian dengan tren.
c.  Kostum nasional yaitu pakaian dari Negara atau tempat spesifik
d. Kostum tradisional, yaitu pakaian atas representasi karakter spesifik secara simbolis dan distilasi.
e. Kostum fantasi yaitu pakaian yang digunakan berdasarkan daya kreasi dan imajinasi.

4. Tata Rias
Tata rias adalah seni mengubah wajah. Tata rias yang dimaksud dalam pementasan teater adalah tata rias pentas, jadi segala sesuatu yang harus ditunjukkan sehingga membentuk nuansa artistic yang mendukung karakter actor atau aktris dalam sebuah pementasan lakon.
Tata rias merupakan cara penggunaan alat kosmetik untuk membentuk wajah atau gambaran peran yang akan dimainkan.
Hal yang perlu diperhitungkan dalam tata rias pentas adalah jarak antara penonton dan pemain serta intensitas penyiaran lampu. Daerah pandang penonton yang mempunyai jarak antara 4 sampai 6 meter, misalnya turut memengaruhi tebal tipisnya tata rias. Intensitas cahaya dan warna cahaya juga akan sangat memengaruhi warna dan kejelasan suatu tata rias.
Kegunaan tata rias dalam teater adalah mengubah yang alamiah (nature) menjadi yang berbudaya (culture) dengan prinsip mendapatkan daya guna yang tepat. Tata rias juga bermanfaat untuk mengatasi efek sinar tata lampu yang kuat dan membuat wajah serta kepala pemain sesuai dengan peranan yang dikehendaki.
Tata rias dapat dibedakan menjadi Sembilan macam yaitu :
a. Rias jenis, dilakukan jika perias harus mengubah karakter seorang lelaki menjadi wanita atau sebaliknya
b. Rias bangsa, dilakukan jika seorang actor atau aktris berkebangsaan Asia harus melakukan peranan sebagai seorang Eropa.
c.  Rias usia, rias mengubah wajah seorang actor atau aktris menjadi karakter yang sangat berbeda dari usia aslinya.
d. Rias tokoh, merias wajah actor untuk dapat menyerupai tokoh dalam cerita.
e. Rias watak, rias yang dilakukan untuk menunjukkan watak seseorang
f.  Rias temporal, merias menurut perbedaan perbedaan yang terjadi pad situasi tertentu,
g.  Rias aksen, rias yang hanya mamberikan tekanan pada pelaku yang sudah mendekati peranan yang akan dimainkan.
h. Rias local, rias berdasarkan tempat tertentu atau ditentukan oleh latar belakang tempat dari peran yang dimainkan.
i.   Rias fantasi, riasan yang dilakukan berdasarkan daya kreasi dan imajinasi sesuai dengan tema cerita dalam pementasan teater.
5. Tata Cahaya
Tata cahaya adalah kerja pengaturan sinar di atas pentas dengan menggunakan peralatan tata cahaya.
Fungsi tata cahaya secara umum adalah untuk membentuk situasi, menyinari gerak pelaku, menjadi isyarat perpindahan adegan, serta mempertajam ekspresi demi penciptaan karakter.
Pertunjukan akan lebih hidup bila ada tata cahaya.
Di bawah ini adalah beberapa peralatan tata cahaya :
a. Lampu
Dikategorikan menjadi 3 jenis yaitu :
1.       Foodlight memiliki cahaya dengan sinar yang menyebar, biasanya dipergunakan untuk cyclorama dan footlight.
2.       Spotlight memiliki sinar yang menyatu, menyorot terarah dan focus pada satu tempat.
3.       Campuran (Parcam)

b. Dimmer pack dan control
1.       Dimmer untuk mengendalikan dan mengontrol intensitas cahaya dan perubahan cahaya dalam intensitas tertentu.
2.       Dimmer dapat mengubah intensitas cahaya dari terang ke remang
3.       Dimmer juga mampu mengatur temperature yang mengalir ke filament bohlam.

6. Tata music dan Bunyi
Music dan bunyi berfungsi sebagai pendukung peristiwa dan menggambarkan suasana.
Music dapat menunjukan latar waktu.
Perwujudan music dapat dilakukan secara langsung dengan menggunakan alat music atau dengan menggunakan music rekaman.
Peralatan tata suara disebut dengan sound system.
Penggunaan sound system pada pementasan teater sangat minim bahkan cenderung ditiadakan.

B.      Tahapan Pementasan
1. Mengadaptasi Naskah
Sebelum mengadaptasi sebuah naskah, anda harus membedah naskah tersebut lalu menganalisis nya terlebih dahulu.
Yang dianalisis adalah isi atau tema cerita, alur, latar sejarah zaman naskah tersebut ditulis dan lata belakang pengarangnya.
Setelah memahami keseluruhan isi naskah kemudian naskah dipotong, diadaptasi, ditranformasi atau disadur ulang dengan tidak melenceng dari benang merah suatu naskah.
Sebagian kritikus teater berpendapat bahwa memotong naskah drama merupakan hal yang tabu dan merupakan sebuah sikp vandalisme.
Dalam lakon akan dijumpai dua hal yang sangat penting, yaitu konflik dan tokoh yang terlibat di dalam rangkaian kejadian dan sebuah kerangka besar yang mendasari sebuah lakon.

2.  Konsep pementasan Teater Modern
3. Casting /pemilihan Pemeran
4.  Proses Latihan dan Pementasan
Tahapan proses latihan hingga pementasan :
a.Reading
b. Menghafal dialog
c.  Merancang komposisi
·         Blocking : blocking memiliki arti kedudukan pemain, gerak pemain dari satu tempat ke tempat lain.
·         Leveling : pengaturan tinggi rendah posisi actor di atas panggung.
·         Balancing : pengaturan atau pengelompokan actor di atas panggung.
·         Focus : perhatian penonton dapat difokuskan dengan cara menjaga agar setiap pemain dapat terlihat dengan jelas dalam memanfaatkan ruang panggung dan blocking.
d. Run through. Latihan hafalan naskah lakon secara keseluruhan.
e. Latihan teknik. Actor diperkenalkan dengan tata panggung, tata busana, tata suara, tata music, tata cahaya, dan property. Biasanya dilakukan seminggu jelang pertunjukan.
f.   Dress rehearsal. Biasa di sebut geladi bersih. Dress rehearsal dilakukan bertujuan membiasakan pertunjukan yang sebenarnya kepada seluruh pemain dan kru yang terlibat serta memperbaiki hal hal yang dinilai masih memiliki kekurangan.

C.      Pementasan
Pementasan adalah tahap akhir dari proses yang panjang dan melelahkan karena di dalamnya terdapat kerja keras, baik fisik, psikis, finansial, maupun pengorbanan waktu.
Tahap tahap yang harus dilakukan untuk menyelenggarakan pementasan teater dengan naskah adalah ssb :
·   Menganalisis naskah, kemudian membuat konsep garapan sebagai pijakan dalam proses latihan dan pementasan
·   Melakukan casting atau pemilihan pemain yang akan berperan sesuai dengan naskah tersebut. Selain itu lakukan pemilihan kru yang akan bertanggungjawab dalam produksi, baik kru artistic maupun administrasi.
·   Menjalani proses persiapan. Pemain mulai berlatih, sementara kru pertunjukan mulai menyiapkan segala sesuatunya terkait pementasan. Dua proses yang pasti harus dilakukan adalah membuat tontonan dan mendatangkan penonton.
·   Melaksanakan pertunjukan. Saat pertunjukan, penonton diberi sebuah buku acara (berupa booklet atau leaflet). Buku acara ini diberikan untuk memberikan informasi kepada penonton agar mereka dapat mengikuti pertunjukan dengan mudah.
·   Melakukan evaluasi, yaitu pembahasan tentang pelaksanaan pertunjukan dan kualitas dari pertunjukan tersebut.



ANALISIS PEMENTASAN TEATER

A.   Memahami Analisis Teater
Ketika seseorang melakukan kegiatan analisis teater, pada dasarnya yang dibahas adalah cara masyarakat menyaksikan dan menikmati sebuah pementasan teater. Setiap orang pasti memiliki cara pandangnya sendiri terhadap suatu karya teater.
Menyaksikan dan menikmati teater memerlukan pengetahuan atau pendalaman terlebih dahulu, terlebih lagi jika seseorang ingin menulis analisis tentang sebuah pementasan.

B.   Posisi Analisis Seni teater
Pada dasarnya, analisis seni berada dalam posisi yang rawan. Faktanya, tidak ada seorang pun yang suka menerima analisis yang sempit, yaitu hanya mengungkap berbagai kelemahan saja, bahkan cenderung menjatuhkan.
Bakdi Soemanto, analis seni teater, memberikan isyarat bahwa analisis seni teater harus ditulis dengan serius. Analisis tidak hanya menonton dan menikmati (enjoying), tetapi juga harus membuat studi tentang pentas yang dihadapi. Artinya, seorang analis tidak hanya dituntut kritis kepada fenomena teatrikal yang dilihatnya, tetapi juga kritis kepada dirinya sendiri.

C.   Mementaskan Teater Modern Gaya Realisme
1.       Memilih dan memahami naskah
Memilih dan memahami naskah yang akan dipentaskan memiliki pengertian bahwa kita akan membedah naskah tersebut lalu menganalisisnya. Bagian yang dianalisis adalah isi/tema, alur, sejarah zaman naskah tersebut ditulis dan latar belakang pengarangnya. Meski kini banyak naskah teater tidak tercipta dan lahir dari hasil pengamatan zaman, tetapi setidaknya mayoritas naskah teater terlahir dari pecahnya konvensi social di masyarakat.

2.       Menentukan gaya pementasan
Teater modern adalah teater yang memiliki ciri utama tidak lagi bersifat improvisasi. Artinya, pementasan dalam teater modern sudah menggunakan naskah lakon tertulis yang di dalamnya terdapat tokoh tokoh yang akan diperankan oleh para pemain.
Teater modern juga menggunakan kaidah dramturgi yang membahas tentang naskah hingga pementasan dan penontonnya
Pementasan teater modern harus mencakup naskah lakon, pemain, sutradara, artistic panggung, dan penonton.
Gaya pementasan realisme adalah pentas yang berusaha menampilkan potongan cerita kehidupan secara nyata ke atas pentas lengkap dengan tata artistic yang dibuat menyerupai situasi sesungguhnya sesuai dengan tempat berlangsungnya lakon.

3.       Menggarap tata pentas
Membuat konsep tata pentas dalam sebuah pementasan teater menjadi titik berat yang harus dikerjakan. Konsep tata pentas teater meliputi :
a.       Pemanggungan/tata artistic
b.      Pemilihan music ilustrasi/tata suara
c.       Kostum/tata busana
d.      Lighting/ tata cahaya

4.       Casting/pemilihan pemeran
Casting to type, yaitu adanya kesesuaian kondisi/kesesuaian fisik pemain dengan tokoh yang akan diperankan.
Casting to emotional temperament, yaitu memilih pemeran karena adanya kesamaan emosi atau temperamen dengan tokoh yang akan diperankan.
5.       Proses latihan dan pementasan.

Komentar